Harmonisasi Cat Dinding Dengan Implementasi Gaya Interior Desain

Dalam merancang  sebuah desain interior, sejatinya kita mesti memperhatikan beberapa hal.  Dimana hal itu adalah sebuah harmonisasi  yang mesti di jaga konsistensinya  sehingga hasilnya bisa optimal. Itulah kenapa, pilihan cat dinding untuk gaya interior minimalis menjadi salah satu hal yang penting. Karena dari sanalah kita akan  bisa tahu kesempurnaan hasil yang ingin di hasilkan. Terlebih jika implementasinya pada sebuah rumah

Bicara soal harmonisasi dalam sebuah konsep interior desain, memang kita tidak bisa memisahkan antara konsep desain dengan implementasi produk yang akan di gunakan. Kenapa, karena keduanya adalah satu kesatuan yang tidak akan terpisahkan. Salah dalam memilih konsep desain akan berdampak pada tidak maksimalkan hasil yang di peroleh oleh sebuah properti.

Sehingga dengan kondisi itulah,  cara terbaik yang mesti kita lakukan sebelum kita merencanakan aplikasi cat dinding pada media interior desain adalah menentukan terlebih dahulu apa sebenarnya konsep desain  minimalis  tersebut. Setelah kita tahu apa saja karakter yang terdapat pada desain minimalis, maka kita akan  lebih mudah menentukan pilihan cat dinding apa yang sesuai  untuk media  yang akan kita eksekusi tersebut.

Ada minimal 5 karakter yang bisa kita tahu dari konsep gaya minimalis sebuah desain. Kelima karakter tersebut secara jelas memberikan satu  pemahaman yang jelas apa sebenarnya gaya minimalis  pada sebuah desain.  Kelima karakter tersebut adalah seperti berikut  ini  :

  1. Biasanya gaya bangunan minimalis itu identik dengan kesederhanaan bentuk propertinya. Sehingga ciri yang bisa kita lihat dari bangunan bergaya minimalis adalah  propertinya tidak akan banyak ornamen atau assesories bangunan.
  2. Biasanya bangunan yang memilih menggunakan  gaya minimalis  kondisi  ruangannya akan banyak space kosong. Disamping itu juga akan banyak suasana di mana sinar matahari akan mudah masuk ke ruangan.
  3. Biasanya konsep bangunan  yang bergaya minimalis bentuk bangunannya adalah simple, sehingga kebanyakan hanya berbentuk kubus, kotak atau sejenisnya.
  4. Biasanya konsep bangunan  yang bergaya minimalis akan menggunakan produk material building yang bahan-bahanny sederhana  bukan produk  yang rumit untuk di implementasikan.
  5. Biasanya konsep bangunan yang bergaya minimalis akan menggunakan warna-warna finishing cat yang merupakan warna warna dasar.

Berdasarkan kondisi itulah, maka konsep bangunan minimalis dalam mengeksplore desainnya akan banyak menggunakan komposisi warna-warna sebagai berikut :

  1. Bangunan minimalis akan menggunakan komposisi warna seperti Abu-Abu

Komposisi warna Abu-Abu itu sendiri biasanya  untuk bangunan bergaya minimalis akan di gunakan untuk ruangan seperti :  Ruang tamu atau Ruang keluarga. Hal itu didasarkan pada satu falsafah bahwa warna Abu-Abu identik dengan keseriusan, kestabilan, kemandirian, hingga kesan tanggungjawab.

  • Bangunan minimalis akan menggunakan komposisi warna seperti Biru Langit

Komposisi yang di berikan dengan warna  Biru Langit adalah menggambarkan hunian  yang lebih hidup, menyenangkan. Sehingga warna ini cocok di pakai untuk warna  pada ruangan keluarga.

  • Bangunan minimalis akan menggunakan komposisi warna seperti Biru Pastel.

Komposisi warna cat Biru Pastel memang bisa memberikan kesan ruangan yang lembut, kalem dan damai. Sehingga untuk konsep bangunan minimalis tindak akan cepat menjadi bosan jika warna Biru Pastel di tempatkan pada ruangan seperti di Ruang Keluarga atau Ruang  kamar tidur.

  • Bangunan minimalis akan menggunakan komposisi warna seperti Celery

Komposisi yang di hasilkan untuk warna seperti Celery adalah perpaduan Hijau muda dengan Biru teal tua.  Konsep warna ini akan memberikan kesan anti mainstream dan memang akan jarang di jumpai pada finishing cat dalam sebuah rumah. Oleh karena itu bagus di aplikasikan pada  Ruang Keluarga atau Ruang tidur  Anak-Anak

  • Bangunan minimalis akan menggunakan komposisi warna seperti Kuning

Komposisi warna yang akan terbangun untuk kombinasi warna Kuning memang secara psykologi akan memberikan kesan ruangan menjadi lebih ceria, rasa optimis dan sudah pasti akan bisa menimbulkan kesan optimisme. Itulah sebabnya untuk komposisinya banyak di pakai untuk ruangan keluarga,  kamar tidur, hingga ruang santai jika memang ada di siapkan oleh pemilik bangunan.

  • Serta masih banyak komposisi cat ruangan lain yang masih akan bisa menjadi komposisi warna yang sempurna jika di lakukan secara benar.

Nah setelah anda mendapatkan pilihan cat dinding untuk gaya interior minimalis, maka saat  yang paling tepat adalah menentukan warna mana yang akan kita pilih dan tentukan. Ingat penentuan  warna harus disesuaikan dengan karakter desain minimalis  yang di pilih. Hal lainnya adalah bahwa kesempurnaan ruangan yang nantinya akan di implementasikan warna dengan komponen warna-warna gaya minimalis adalah sebuah wujud kombinasi dari pemilihan konsep sebuah gaya dengan implementasi warna yang tepat.

Comments are closed.